Informasi Tentang Jurusan Kuliah Perhotelan

Informasi Tentang Jurusan Kuliah Perhotelan – Jurusan kuliah perhotelan merupakan salah satu jurusan yang memelajari mengenai bermacam pengetahuan manajemen perhotelan. Kamu juga bakal mendalami mengenai bagaimana cara menyelaraskan segi wisata dengan segi manajemen bisnis untuk meraih sebuah keberhasilan.

Informasi Tentang Jurusan Kuliah Perhotelan

Beberapa indikator yang wajib kamu kuasai adalah mengenai bagaimana cara menambahkan service yang nyaman untuk pelanggan, bagaimana cara menjaga budaya lokal dengan baik, manfaat ekonomi yang diperoleh bagi penduduk sekitar serta kesejahteraan karyawan. Selain itu, kamu juga bakal dilatih untuk dapat berbahasa asing dengan fasih agar kamu dapat menghadapi wisatawan asing dengan baik.

Salah satu yang wajib kamu ketahui mengenai jurusan perhotelan, seperti bagaimana cara mendalami proses pelayanannya, juga back office-nya. Jurusan ini juga tersedia sebagian konsentrasi jurusan yang dapat kamu pilih, seperti pada bagian produksi makanan dan minuman (food and beverage production), manajemen tata graha (housekeeping), event management, pengelolaan kantor depan (front desk), keuangan (financial), penjualan dan pemasaran (sales and marketing) dan sebagainya. Umumnya, kamu bakal menempuh pendidikan selama 4 th. atau 8 semester untuk memperoleh gelar Sarjana Sains Terapan.

Pengetahuan dan Keahlian

Beberapa keahlian yang wajib kamu pelajari untuk menjadi seorang lulusan dari jurusan perhotelan adalah sebagai selanjutnya :

  • Keterampilan komunikasi.
  • Kemampuan bhs asing.
  • Kemampuan melayani orang.
  • Kemampuan bekerja secara tim.
  • Kemampuan manajerial.
  • Detail, detail dan tekun.

Prospek Kerja Lulusan

Jenis pekerjaan yang dapat kamu memilih sesudah lulus dari jurusan kuliah perhotelan lumayan bervariasi. Berbekal pengetahuan di bidang manajemen perhotelan yang udah dipelajari di perkuliahan menjadi nilai menjual yang dapat kamu dibanggakan. Jangan berkecil hati, lulusan dari jurusan perhotelan itu peluangnya besar, lho! Kamu bisa bekerja di hotel yang udah miliki nama atau bisa juga terjun ke dunia bisnis dengan menciptakan lapangan baru.

Selain di dunia perhotelan, kamu juga miliki banyak kesempatan yang dapat mengembangkan potensi dengan mencoba bekerja di sektor lainnya, seperti media, pendidikan sampai dunia kreatif.

Faktanya, Indonesia masih perlu para profesional di bidang perhotelan, hal ini disebabkan oleh perkembangan industri perhotelan begitu pesat. Prestasi para profesional perhotelan kebanyakan di awali dari keputusannya menyita dan memilih jurusan perhotelan di universitas terbaik. Jadi, bagi kamu yang idamkan bekarier di industri perhotelan, jangan sangsi untuk kuliah di jurusan ini, ya!

Rekomendasi Kampus Perhotelan Terbaik di Indonesia

Sebelum kamu memilih pilihan universitas untuk memulai karier di industri perhotelan, yuk liat sebagian rekomendasi universitas perhotelan dengan proses pendidikan yang unggul di Indonesia.

1. Politeknik Pariwisata Bali

Rekomendasi yang pertama jatuh pada Politeknik Pariwisata Bali. Kampus pariwisata negeri yang satu ini miliki histori yang panjang sejak th. 1978. Di sini, kamu bisa memilih bermacam jenjang pendidikan, yaitu diploma (D3 dan D4), sarjana (S1) dan magister (S2).

Di Poltekpar Bali, tersedia sejumlah jurusan di bidang perhotelan yang bisa kamu pilih. Untuk program Diploma III, tersedia jurusan Manajemen Divisi Kamar, Manajemen Tata Hidangan dan Manajemen Tata Boga. Untuk Diploma IV, tersedia dua jurusan, yaitu Administrasi Perhotelan dan jurusan Manajemen Akuntansi Perhotelan. Sementara itu, untuk program Sarjana, kamu dapat memilih jurusan Bisnis Hospitaliti.

2. Politeknik Internasional Bali (PIB)

Di Pulau Dewata, tersedia satu ulang rekomendasi universitas yang sesuai bagi kamu yang mencari universitas perhotelan. Kampus perhotelan selanjutnya adalah Politeknik Internasional Bali. Politeknik Internasional Bali merupakan universitas pariwisata terbaik di Bali. Di PIB, tersedia jurusan Hotel Management untuk jenjang Diploma IV (D4).

Dikutip dari laman resminya, mahasiswa PIB bakal dipersiapkan untuk menjadi tenaga kerja profesional dalam industri perhotelan lewat pengalaman belajar lewat kerja praktik (practical learning experience) atau berkesempatan magang ke luar negeri, seperti di Amerika Serikat, Dubai (UEA), Australia, Singapura, Malaysia, dll. Selain itu, kamu juga bakal memperoleh pembekalan kewirausahaan, leadership, bhs asing, manajemen keuangan dan pengetahuan terkait lainnya untuk mengasah keterampilan dan pengetahuan dalam industri ini.

Setelah lulus dari PIB, kamu bakal menyandang gelar S.Tr.Par (Sarjana Terapan Pariwisata). Jika kamu miliki prestasi di bidang akademik maupun non-akademik, dapatkan juga potongan ongkos pendidikan sampai 100% lewat program beasiswa PIB Berbagi. Saat ini, PIB mengakses pendaftaran gratis sampai 31 Maret 2022. Jadi, bagi kamu yang tertarik, langsung daftarkan dirimu di web pmb.pib.ac.id, ya!

Baca Juga: Universitas Terbaik untuk Kuliah Jurusan Ilmu Komputer

3. Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung

Beralih ke Kota Kembang, tersedia Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung yang bisa kamu jadikan pilihan. Sekolah Tinggi yang bernaung di bawah Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif ini sedia kan bermacam jurusan di bidang perhotelan yang bisa kamu pilih.

Jurusan-jurusan selanjutnya di antaranya, yaitu Staf Akomodasi dan Katering (S1), Administrasi Hotel (D4), Manajemen Divisi Kamar (D4), Manajemen Tata Hidang (D3), Manajemen Tata Boga (D3) serta Manajemen Patiseri (D3).

4. Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional Bali

Selanjutnya, tersedia Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional (IPBI) yang berlokasi di Jalan Kecak, No. 12, Gatot Subroto Timur – Bali. Untuk program studi di bidang perhotelan, IPBI sedia kan program D3 dan D4. Tersedia jurusan Food Production, Food and Beverage Service serta Front Office / Housekeeping bagi kamu yang tertarik untuk berkarier di bidang perhotelan.

Selain itu, universitas ini juga sedia kan jurusan di bidang kapal pesiar yang dapat kamu memandang selengkapnya di web formal IPBI.

5. Universitas Airlangga

Universitas yang biasa dikenal dengan sebutan UNAIR ini ternyata tidak cuma sedia kan jurusan-jurusan, seperti kedokteran, ekonomi, teknik, akuntansi, kesegaran dan sebagainya. Akan tetapi, di universitas ini juga sedia kan Jurusan Manajemen Perhotelan dengan jenjang Diploma III yang udah terakreditasi A oleh BAN-PT.

6. Universitas Negeri Padang

Universitas Negeri yang berlokasi di Kota Padang ini juga tawarkan Program Studi Manajemen Perhotelan. Program yang ditawarkan, yaitu jenjang Diploma IV Manajemen Perhotelan serta bagian dari Fakultas Perhotelan dan Pariwisata. Diharapkan lulusan diploma dari Program Studi Perhotelan ini dapat berkompetisi dan berkontribusi di tengah penduduk dengan miliki jiwa kepemimpinan yang baik, profesional dan bertakwa.

7. Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya

Universitas yang biasa disingkat dengan UNIKA Atma Jaya ini adalah salah satu universitas swasta yang udah miliki akreditasi A dengan bermacam prestasi di dalamnya. Perguruan tinggi ini sedia kan Jurusan Perhotelan yang juga dalam Fakultas Ilmu Administrasi Bisnis dan Ilmu Komunikasi.

8. Universitas Gadjah Mada (UGM)

Salah satu universitas negeri ternama di Kota Yogya ini ternyata juga sedia kan jurusan yang di dalamnya memelajari pengetahuan perhotelan. Kamu tidak wajib mencurigakan mutu dari universitas ini. Karena biarpun secara susunan pengetahuan perhotelan di UGM ini juga ke dalam Program Studi Ilmu Pariwisata dan Perhotelan, tetapi di prodi ini juga menerapkan bermacam pengetahuan perhotelan, juga pada proses pengelolaannya dengan baik.

9. Universitas Mahakarya Asia

Salah satu perguruan tinggi swasta ini juga udah sedia kan Program Studi Perhotelan dengan jenjang diploma. Program studi ini berfokus pada pendalaman pengetahuan pengetahuan dan keterampilan mengenai pengetahuan perhotelan mulai dari bidang perencanaan, produksi serta pengawasan dan manajemen penginapan.

10. Universitas Telkom

Universitas swasta favorit lainnya yang udah sedia kan Program Studi Perhotelan adalah Universitas Telkom. Program studi ini tergolong ke dalam Fakultas Ilmu Terapan. Secara umum, kamu bakal memelajari proses pengelolaan perhotelan di dalamnya. Selain itu, kamu juga bakal dilatih untuk dapat mengelola segi pariwisata dan manajemen bisnisnya.

11. Universitas Nasional

Universitas swasta ini tergolong salah satu universitas tertua di Jakarta, juga tergolong tertua kedua di Indonesia. Kampus dengan akreditasi B ini juga udah sedia kan Program Studi Manjemen Perhotelan untuk jenjang Diploma III. Program Studi Manajemen Perhotelan ini juga ke dalam Fakultas Ekonomi. Oleh karena itu, kamu tidak cuma mendalami mengenai pengelolaan perhotelan dan pariwisata saja, tetapi kamu juga bakal mendalami mengenai bermacam pengetahuan mengenai bisnis ekonomi.

By admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *