Get Adobe Flash player

Cari Artikel

Pengunjung

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterToday49
mod_vvisit_counterThis week453
mod_vvisit_counterThis month13138
mod_vvisit_counterAll357421

Your IP: 54.204.95.166
Now: 2017-01-23 03:15

Perpustakaan di sebuah desa di Perancis, dibingkai oleh kisi beton berwarna putih. Arsitek dari Studio 02 membuat kisi beton ini untuk menopang dinding kaca dan kayu.
Bertajuk Mediatheque de Monterblanc, perpustakaan dengan luas 450 meter persegi tersebut terletak di ujung jalan desa Brittany, Monterblanc. Kontras dengan bangunan di sekitarnya yang didominasi batu abu-abu, struktur beton putih perpustakaan ini, memiliki fitur panel kaca besar.

Elemen kaca dimaksudkan agar pengunjung perpustakaan melihat pemandangan desa dengan leluasa. Strukturnya dibentuk dalam dua volume, yaitu blok tinggi di depan perpustakaan yang menopang langit-langit ganda pada ruang baca dan volume yang lebih rendah pada belakang perpustakaan, yang berisi ruang komputer dan kantor.

“Ruangan yang sunyi. Perpustakaan Monterblanc menawarkan perspektif yang sederhana dan mudah diakses. Sistem mosaiknya menyajikan panorama desa,” kata arsitek.

Bangunan ini disamakan sebagai balai kota modern, yang terletak di tengah-tengah komunitas. Huruf-huruf logam yang dipasang di tepi atas fasad perpustakaan, menandakan nama gedung ini.

Di dalamnya, ruang terbuka dilengkapi dengan rak-rak buku. Rak-rak ini senada dengan lantai ruangan yang berwarna putih. Kursi-kursi putih juga diletakkan di sekitar meja belajar dengan perpaduan hijau dan putih.

Ruang-ruang kecil di sekitar ruang utama perpustakaan, antara lain adalah kantor, toilet, dan ruang membaca khusus anak-anak. Di lantai area anak-anak, terdapat sofa besar dan buku-buku warna-warni. Sementara itu, lampunya disesuaikan dengan langit-langit ruangan yang berpola polkadot.

Sumber: kompas.com