Get Adobe Flash player

Cari Artikel

Pengunjung

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterToday531
mod_vvisit_counterThis week1184
mod_vvisit_counterThis month10597
mod_vvisit_counterAll373368

Your IP: 54.146.176.30
Now: 2017-02-20 22:35

BOGOR – UNESCO menyebutkan idealnya setiap orang membaca tujuh judul buku per tahun. Tapi yang terjadi di Indonesia adalah, satu judul buku rata-rata dibaca tiga sampai empat orang.

Saat ini, setiap tahun Indonesia hanya menerbitkan sekitar 24 ribu judul buku dengan rata-rata cetak tiga ribu eksemplar per judul. Sehingga dalam setahun, Indonesia hanya menghasilkan sekitar 72 juta buku.

Jika dibandingkan dengan jumlah penduduk Indonesia, 240 juta jiwa, artinya satu buku rata-rata dibaca tiga sampai empat orang. Selain persoalan sedikitnya jumlah penerbitan buku, juga minat membaca yang kurang.

Untuk menumbuhkan minat baca sejak dini, khususnya pada anak-anak usia 0-6 tahun yang kini jumlahnya di Indonesia mencapai 30 juta jiwa, MNCTV bekerjasama dengan Dompet Dhuafa (Makmal Pendidikan) menggelar Festival Baca 2014 di Kebun Raya Bogor, Sabtu, 20 Desember 2014. Acara yang juga digelar dalam rangka Hari Ibu itu bertemakan Kasih Ibu dalam Ibu.

Ini adalah bentuk kepedulian sosial MNCTV yang memang dikenal luas sebagai stasiun televisi yang peduli kehidupan anak-anak, dan pendidikan. MNCTV juga memiliki tujuan yang sama dengan Dompet Dhuafa, yakni meningkatkan minat baca anak-anak sejak usia dini, mengingat membaca memiliki banyak sekali keuntungannya.

Selain diisi acara mendengarkan dongeng bersama Kak Aio, pendongeng salah satu Indonesia, pembagian buku cerita kepada 1.000 anak-anak Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD)/TK, anak-anak yang hadir juga dihibur oleh finalis Indonesian Idol Junior MNCTV : Melitha dan Fadhly.

Managing Director MNCTV, Kanti Mirdiati menyatakan, “MNCTV sangat peduli dengan program acara yang bertujuan membangun kebersamaan antara orangtua dan anak seperti yang menjadi tujuan diadakannya Festival Baca 2014 ini. Semoga minat baca di kalangan anak-anak bisa tumbuh.”

Direktur Program Dompet Dhuafa, Drg. Imam Rulyawan, MARS sangat mengapresiasi dukungan MNCTV terhadap acara ini.

“Dompet Dhuafa sangat senang karena banyak pihak yang mendukung acara yang luar biasa ini, termasuk MNCTV. Kami berharap MNCTV dapat terus mendukung acara ini di tahun-tahun berikutnya.

MNCTV juga mengajak anak-anak mengenal televisi, menghadirkan boneka karakter Upin-Ipin, foto selfie langsung jadi, nonton bareng, dan memberikan hadiah untuk lomba yang diadakan.

Sumber: okezone.com