Get Adobe Flash player

Cari Artikel

Pengunjung

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterToday49
mod_vvisit_counterThis week453
mod_vvisit_counterThis month13138
mod_vvisit_counterAll357421

Your IP: 54.204.95.166
Now: 2017-01-23 03:14

Jakarta, BPADJAKARTA.NET - Dewan Kesenian Jakarta menggelar Malam Anugerah Sayembara Menulis Novel DKJ 2014 pada Kamis (18/12) bertempat di gedung Teater Kecil, Taman Ismail Marzuki. Rangkaian acara tersebut berlangsung sejak pukul 15.00 hingga malam hari.

Sayembara Menulis Novel DKJ adalah lomba penulisan novel yang merupakan program utama Komite Sastra. Sayembara yang dimulai sejak 1974 ini pada awalnya sayembara ini diadakan setiap setahun sekali dan sempat mengalami vakum. Kemudian dilanjutkan lagi pada tahun 1998 hingga 2003. Mulai tahun 2006 sayembara ini diselenggarakan tiap dua tahun sekali pada tahun genap.

Sayembara ini diadakan untuk merangsang dan meningkatkan kreativitas pengarang Indonesia dalam penulisan Novel. Melalui sayembara ini DKJ berharap novel-novel terbaik dari pengarang Indonesia yang memperlihatkan kebaruan dalam bentuk dan isi terus dilahirkan. Dari sayembara Menulis Novel DKJ telah lahir beberapa novel-novel penting seperti Stasiun karya Putu Wijaya (pemenang 1974) dan Olenka karya Budi Darma (pemenang 1980).

Rangkaian acara Malam Anugerah Sayembara Menulis Novel DKJ 2014 dimulai dengan diskusi Telaah Kritis atas Novel-novel Pemenang Sayembara Menulis Novel DKJ: Satu Dekade bersama Seno Gumira Ajidarma dan Linda Christanty pada pukul 15:00 WIB. Kemudian, acara diilanjutkan dengan peluncuran buku Memasak Nasi Goreng tanpa Nasi: Antologi Esai Pemenang Sayembara Kritik Sastra DKJ 2013 pada pukul 17:00 WIB.

Pengumuman pemenang dilaksanakan pada pukul 19:30 WIB. Acara ini juga dimeriahkan oleh penampilan musik oleh Bungabel, Pohon Tua Dialog Dini Hari, Sanggar Matahari, dan dramatic reading puisi Slamet Sukirmanto dan Bakdi Sumanto oleh Fersi Firdaus.

Keputusan mengenai pemenang sayembara ini ditetapkan oleh dewan juri yang terdiri atas Martin Suryajaya, Nukila Amal, dan Zen Hae. Keputusan dewan juri adalah mutlak dan tidak bisa diganggu gugat. Berikut ini para pemenang Sayembara Menulis Novel DKJ 2014.

Pemenang I                 : Kambing dan Hujan karya Mahfud Ikwan
Pemenang II                : Di Tanah Lada karya Ziggy Zeyzazeoviennazabrikie
Pemenang III               : Napas Mayat karya Bagus Dwi Hananto     
Pemenang IV              : Puya ke Puya karya Faisal Oddang