WAKIL DKI DAPAT PENGHARGAAN ARSIPARIS TELADAN ANRI 2010

Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) memberikan penghargaan kepada para arsiparis teladan dari seluruh Indonesia dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) ke-65 Kemerdekaan RI di Hotel Alila Pecenongan Jakarta Pusat, Selasa (17/8/2010) malam.

Pemilihan arsiparis teladan berlangsung tanggal 15 17 Agustus 2010 yang diikuti oleh 28 peserta. Sebelumnya telah dilakukan penyeleksian dengan tes tertulis, praktek dan wawancara seputar bidang kearsipan. Selain itu selama mengikuti proses pemilihan, peserta mengikuti sidang paripurna DPR RI, upacara HUT ke-65 Kemerdekaan RI di Istana Negara, dan bertemu langsung dengan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

Setelah dilakukan penilaian oleh dewan juri yang diketuai oleh Biner Sitompul -Akademisi UI- akhirnya terpilihlah 10 arsiparis terbaik tingkat nasional dengan urutan peringkat: (1) Elia Kadarwati – Kementerian Kehutanan, (2) Musmiroh Jawa Tengah, (3) Diah Ismiatun Jawa Timur, (4) Kuntyari Santoso Sekretariat Negara, (5) Nur Setyawati LAPAN, (6) Ruhyat DKI Jakarta, (7) Haruman Handarsyah Kementerian Sosial, (8) Milur Ester Yuliasih, (9) Irzal Nasir Sulawesi Selatan, dan (10) Fenti Kesuma Dewi Sumatera Barat. Penilaian mencakup pengetahuan dan keterampilan di bidang kearsipan serta sikap.

Kepala ANRI M. Asichin mengakui, kaderisasi arsiparis di Indonesia sangat lambat, terbukti peringkat 1-3 merupakan muka lama. Dia akan mendorong agar kaderisasi ke depan maju dengan pesat. Salah satunya dengan mengusulkan masa pensiun arsiparis menjadi 60 tahun. Usulan tersebut telah disampaikan kepada Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, agar merevisi aturan bagi arsiparis.

(okgani/bpad)

You can leave a response, or trackback from your own site.
Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah Provinsi DKI Jakarta
JL. Perintis Kemerdekaan No.1, Pulogadung, Jakarta Timur, 13260
Telp: (021) 47860095, Fax: (021) 47865922, Email: bpad@bpadjakarta.net
Hak Cipta © 2012 Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah Provinsi DKI Jakarta. Dilindungi oleh Undang-undang
n